Lompat ke konten
Beranda » Smartphone » 5 Cara Membersihkan Virus di Hp Vivo

5 Cara Membersihkan Virus di Hp Vivo

  • oleh
Cara Membersihkan Virus di Hp Vivo

BigSlyde.com – Semua smartphone Android, termasuk Vivo, rentan terhadap serangan virus. Virus yang menyerang ponsel Vivo umumnya berasal dari aplikasi atau game yang diunduh dan diinstal dari sumber yang tidak terpercaya. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara membersihkan Virus di hp Vivo?

Virus pada smartphone dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kinerja yang lambat, kegagalan sistem, kerusakan data, dan bahkan pencurian informasi pribadi. Oleh karena itulah, kita harus segera membersihkan Virus yang ada hp Vivo agar bisa terhindar dari semua masalah tersebut.

Cara membersihkan Virus di hp Vivo cukup mudah. Untuk membersihkannya, kita harus terlebih dahulu mengetahui sumber virus tersebut, lalu tinggal mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan virus sampai ke akar-akarnya.

Apabila sumber virus berasal dari aplikasi pihak ketiga, maka kita tinggal menghapus aplikasi tersebut. Namun, sering kali aplikasi yang berisi virus dapat menyembunyikan diri atau sulit untuk dihapus secara langsung sehingga butuh cara khusus untuk menghapusnya.

Bagi pengguna hp Vivo yang bingung bagaimana cara menghapus aplikasi yang terkena virus dan cara membersihkan smartphone dari virus, silakan simak artikel bigslyde.com yang akan membahas secara detail mengenai cara membersihkan virus di hp Vivo.

Bahaya Virus Pada Hp Vivo

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membersihkan virus di hp Vivo, mari kita simak terlebih dahulu bahaya virus pada smartphone Vivo. Virus dapat menimbulkan berbagai ancaman serius yang perlu diwaspadai. Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat diakibatkan virus pada smartphone Vivo:

1. Smartphone Lemot

Infeksi virus pada hp Vivo dapat menyebabkan perangkat menjadi lemot. Virus dapat membebani sumber daya perangkat, seperti CPU dan RAM, yang mengakibatkan kinerja smartphone menjadi lambat atau lemot.

3. Kehilangan Data Penting

Serangan Virus pada smartphone Vivo bisa merusak atau menghapus file-file berharga yang tersimpan di dalam memori internal maupun eksternal, seperti foto, video, dokumen, atau catatan penting.

5. Kerugian Finansial

Virus dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan. Misalnya, melalui malware ransomware, file yang ada di smartphone dapat dikunci dan peretas meminta tebusan untuk mengembalikan aksesnya. Selain itu, virus juga dapat memicu biaya tak terduga, seperti biaya data yang tinggi atau pembelian aplikasi atau layanan yang tidak sah.

7. Peretasan Akun

Virus dapat menyebabkan peretasan akun media sosial, email, atau akun perbankan yang terhubung pada hp Vivo. Dampak dari peretasan ini dapat sangat merugikan pengguna smartphone Vivo secara finansial maupun hukum.

2. Baterai Menjadi Boros

Virus pada hp Vivo biasanya akan menjalankan proses latar belakang yang intensif, mengirim data secara terus-menerus, atau mengaktifkan fitur-fitur yang tidak diperlukan sehingga mengakibatkan baterai smartphone menjadi cepat habis.

4. Mengancam Privacy

Beberapa virus dapat memberikan akses yang tidak sah kepada peretas untuk memantau pengguna smartphone melalui kamera dan mikrofon. Ini dapat mengakibatkan potensi pencurian privasi, di mana peretas dapat merekam video, audio, atau mengakses informasi pribadi pengguna dengan tidak sah.

6. Penyalahgunaan Perangkat

Selain itu, Virus pada hp Vivo dapat memanfaatkan akses yang diperoleh untuk menjalankan aplikasi yang tidak diinginkan, melakukan tindakan yang merugikan, atau mengirimkan pesan berbahaya kepada orang lain yang ada di daftar kontak telepon.

8. Pencurian Identitas

Virus pada hp Vivo dapat mencuri informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor telepon, atau data identitas lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan pencurian identitas, penyalahgunaan informasi, atau tindakan kriminal lainnya yang melibatkan penggunaan informasi pribadi.

Ciri-Ciri Hp Vivo Kena Virus

Virus memang sangat berbahaya sehingga harus segera dihapus agar terhindar dari semua risiko yang telah disebutkan di atas. Namun, sering kali pengguna hp Vivo tidak menyadari bahwa smartphone mereka telah terinfeksi virus. Hal ini bisa terjadi karena sebagian besar pengguna hp Vivo tidak mengetahui ciri-ciri hp terkena Virus.

Untuk mendeteksi apakah smartphone terkena virus atau tidak, ada beberapa tanda yang dapat diperhatikan. Pertama, perhatikan apakah ada perubahan yang mencurigakan dalam kinerja perangkat. Jika smartphone tiba-tiba menjadi lambat, sering mengalami crash, atau tidak responsif saat digunakan, itu bisa menjadi indikasi adanya virus.

Selanjutnya, perhatikan apakah ada aplikasi yang muncul tanpa izin atau secara otomatis terunduh ke smartphone. Jika ada aplikasi baru yang tidak diinginkan dan tidak dikenali muncul di layar, kemungkinan aplikasi tersebut adalah virus.

Selain itu, konsumsi baterai yang meningkat secara drastis juga dapat menunjukkan adanya virus. Apabila baterai cepat terkuras meski tidak ada penggunaan yang intensif, ada kemungkinan virus sedang aktif di perangkat dan berjalan di background.

Ciri-ciri lain yang perlu diperhatikan adalah jika hp Vivo terasa panas secara berlebihan saat tidak digunakan atau saat menjalankan tugas yang seharusnya ringan. Biasanya, hal ini terjadi karena virus yang beroperasi di latar belakang perangkat dan mengonsumsi sumber daya perangkat seperti CPU dan RAM secara intensif.

Selain itu, virus juga dapat menyebabkan masalah lain seperti munculnya iklan-iklan yang tidak diinginkan atau popup yang mengganggu, pengalihan ke situs web yang tidak diinginkan, atau bahkan menghapus atau merusak file-file penting yang tersimpan di hp Vivo.

Penyebab Virus di Hp Vivo

Sejatinya Vivo memang menyediakan fitur keamanan yang canggih untuk melindungi smartphone dari serangan virus maupun malware. Meskipun begitu, smartphone Vivo tetap rentan terhadap virus yang berasal dari berbagai sumber. Nah untuk mengetahui apa saja penyebab Virus di hp Vivo silakan simak di bawah ini.

1. Download Aplikasi Dari Sumber Tidak Terpercaya

Aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak terpercaya rentan terhadap virus dan malware. Beberapa aplikasi tersebut dapat dimodifikasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyisipkan kode berbahaya yang dapat merusak sistem perangkat atau mengakses data pribadi.

2. Mengklik Tautan Tidak Aman

Penyebab lainnya adalah karena mengklik tautan atau link yang tidak aman. Seringkali, pengguna HP Vivo dapat menerima tautan yang dikirim melalui pesan teks, email, atau media sosial yang mengarahkan mereka untuk mendownload aplikasi atau file secara otomatis. Namun, tautan tersebut sebenarnya mengandung virus atau malware yang dapat menyebabkan infeksi pada perangkat.

3. Jaringan Wi-Fi Tidak Aman

Menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman dapat meningkatkan risiko infeksi virus. Jaringan ini dapat dimanipulasi oleh peretas untuk menyebarkan malware ke hp Vivo yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi.

4. File Yang Mencurigakan

Membuka lampiran atau file yang mencurigakan dalam email atau pesan lainnya dapat memicu infeksi virus. File-file tersebut dapat mengandung kode berbahaya yang dapat merusak hp Vivo.

5. Tidak Update OS / Software

Tidak memperbarui sistem operasi dan aplikasi pada HP Vivo dapat membuat smartphone rentan terhadap serangan virus. Pembaruan perangkat lunak seringkali mengandung perbaikan keamanan yang penting untuk melawan virus baru dan melindungi smartphone dari bahaya lainnya.

5. Iklan Yang Tidak Terpercaya

Mengklik iklan yang tidak terpercaya atau mengunduh aplikasi yang ditawarkan melalui iklan dapat membahayakan keamanan HP Vivo. Beberapa iklan yang muncul di situs web, aplikasi, atau bahkan dalam permainan dapat mengarahkan pengguna ke situs web yang mengandung virus atau menawarkan unduhan yang tidak aman.

6. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menginstal aplikasi pihak ketiga yang tidak terpercaya atau dengan sumber yang meragukan dapat meningkatkan risiko infeksi virus. Aplikasi-aplikasi ini mungkin mengandung malware yang dirancang untuk merusak smartphone.

7. File Tidak Aman

Menerima file atau aplikasi dari kontak yang tidak dikenal melalui Bluetooth, pesan, atau aplikasi berbagi file dapat membahayakan hp Vivo karena biasa saja file tersebut mengandung virus atau malware.

Nah itulah beragam faktor yang bisa menyebabkan hp Vivo terkena Virus. Bagi yang mengalami masalah ini maka harus segera mengambil tindakan yang tepat untuk membersihkan Virus di hp Vivo. Jika dibiarkan saja maka Virus bisa membahayakan keamanan data serta mengganggu kinerja smartphone.

Cara Membersihkan Virus di Hp Vivo

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan virus di hp Vivo. Semua Virus wajib dibersihkan sampai keakar-akarnya agar tidak mengganggu performa serta membahayakan keamanan serta privacy. Nah untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan Virus di hp Vivo, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Hapus Virus Di Hp Vivo Dengan iManager

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, smartphone Vivo dilengkapi dengan fitur keamanan yang dapat membantu mencegah serangan virus dan malware. Fitur keamanan tersebut bisa diakses melalui aplikasi bawaan bernama iManager.

Di dalam iManager, terdapat mesin AntiVirus bawaan yang dapat digunakan untuk membersihkan virus di hp Vivo. Aplikasi ini tersedia pada semua tipe hp Vivo dan penggunaannya sangatlah mudah. Adapun caranya adalah sebagai berikut

  1. Buka aplikasi iManager di hp Vivo.
  2. Setelah membuka iManager, cari dan pilih opsi “Security Detection” atau “Pendeteksian Keamanan” di menu utama.
  3. Kemudian secara otomatis, aplikasi iManager akan memindai virus dan membersihkannya.

Perlu diingat, tampilan menu pada aplikasi iManager bisa berbeda-beda, karena tergantung dari tipe smartphone serta versi iManager yang digunakan.

2. Hapus Aplikasi Yang Mencurigakan

Selain cara di atas, kita juga bisa membersihkan virus di hp Vivo adalah dengan cara menghapus aplikasi yang mencurigakan. Aplikasi yang tidak dikenal atau mencurigakan dapat menjadi sumber penyebaran virus dan dapat mengganggu performa serta keamanan smartphone.

Cara menghapus aplikasi yang mencurigakan cukup mudah. Ada dua cara yang bisa dicoba. Yang pertama adalah lewat menu Pengaturan yang ada di hp Vivo. Sedangkan yang kedua melalui fitur Safe Mode atau Mode Aman. Nah untuk mengetahui secara detail bagaimana caranya, silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Buka menu Pengaturan hp Vivo
  2. Kemudian pilih menu Pengaturan lainnya
  3. Lalu pilih menu Aplikasi
  4. Selanjutnya pilih Semua
  5. Kemudian cari aplikasi atau game yang dianggap sebagai sumber Virus
  6. Setelah itu tinggal menghapus aplikasi yang mencurigakan.

Terkadang aplikasi yang berisi Virus tidak bisa dihapus lewat Pengaturan. Sebagai solusinya, pengguna hp Vivo bisa menghapusnya melalui menu Safe Mode.

3. Cara Membersihkan Virus di Hp Vivo Lewat Safe Mode

Apabila menghadapi situasi di mana aplikasi yang berisi virus tidak dapat dihapus melalui pengaturan biasa, pengguna hp Vivo dapat mencoba menghapusnya melalui menu Safe Mode (mode aman). Mode aman memungkinkan smartphone hanya menjalankan aplikasi bawaan, sehingga memudahkan kita untuk menghapus aplikasi yang menjadi penyebab Virus di hp Vivo.

Semua hp Vivo dilengkapi fitur Mode Aman. Untuk mengaktifkan fitur tersebut adalah trik khusus karena tidak bisa langsung diakses melalui aplikasi ataupun menu pengaturan yang ada di hp Vivo. Bagi yang belum tahu bagaimana cara menggunakan Safe Mode, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, matikan terlebih dahulu smartphone Vivo.
  2. Setelah hp Vivo benar-benar mati, tekan dan tahan tombol power untuk menghidupkannya kembali.
  3. Saat logo Vivo muncul, lepaskan tombol power dan segera tekan dan tahan tombol volume bawah.
  4. Tahan tombol volume bawah hingga hp Vivo selesai melakukan proses booting dan masuk ke mode Safe Mode.
  5. Apabila berhasil masuk ke Safe mode maka akan muncul tulisan “Safe Mode” atau “Mode Aman” di sudut layar atau di bagian bawah layar.
  6. Setelah itu tinggal menghapus aplikasi yang mencurigakan melalui menu “Pengaturan” dan pilih opsi “Pengaturan Lainnya“. Kemudian pilih menu “Aplikasi“, lalu pilih “Semua“.
  7. Selanjutnya telusuri daftar aplikasi yang terinstal di hp Vivo dan cari aplikasi yang terindikasi sebagai penyebab Virus.
  8. Kemudian ketuk aplikasi tersebut untuk membuka halaman detail aplikasi.
  9. Di halaman detail aplikasi, akan muncul menu “Hapus” atau “Uninstall“. Ketuk opsi ini untuk menghapus aplikasi dari smartphone.
  10. Setelah selesai menghapus aplikasi yang tidak diinginkan, kemudian restart hp Vivo untuk keluar dari mode Safe Mode dan lihat apakah masih ada Virus atau tidak.

4. Bersihkan Virus di hp Vivo Dengan AntiVirus

Cara membersihkan Virus di hp Vivo selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi AntiVirus pihak ketiga. Ada beragam aplikasi AntiVirus yang bisa digunakan untuk memindai dan menghilangkan virus di hp Vivo. Sebagian besar dapat digunakan secara gratis sehingga bisa menjadi opsi terbaik untuk membersihkan Virus di hp Vivo.

Mengingat ada banyak sekali aplikasi AntiVirus untuk hp Vivo, kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang terbukti memiliki kualitas sangat bagus dan mampu membersihkan Virus secara optimal. Adapun rekomendasinya adalah sebagai berikut:

Norton360 Antivirus

Aplikasi Norton360 AntiVirus merupakan aplikasi antivirus dari Norton, perusahaan keamanan terkemuka. Aplikasi ini menawarkan perlindungan yang solid dengan pemindaian antivirus yang canggih, deteksi malware, dan fitur anti-pencurian. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pemantauan privasi, firewall, dan perlindungan saat berselancar di internet.

Kaspersky Antivirus

Kaspersky Antivirus menjadi salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk melindungi hp Vivo dari virus dan malware. Aplikasi ini menyediakan perlindungan tingkat lanjut dengan pemindaian yang akurat, pemantauan aplikasi berbahaya, dan perlindungan privasi yang kuat. Menariknya lagi, Kaspersky AntiVirus juga dilengkapi fitur VPN yang bisa digunakan secara gratis.

Bitdefender Mobile Security

Bitdefender Mobile Security sangat efektif untukmembersihkan virus di hp Vivo. Aplikasi ini menawarkan perlindungan real-time terhadap malware, pemindaian yang cepat, dan fitur anti-phishing yang handal. Selain itu, Bitdefender Mobile Security memiliki fitur anti-pencurian yang berguna untuk melindungi smartphone dari bahaya kejahatan online.

McAfee Security

McAfee Mobile Security merupakan aplikasi antivirus yang populer dan dapat diandalkan untuk hp Vivo. Aplikasi ini menawarkan perlindungan terhadap virus, malware, dan aplikasi berbahaya lainnya. McAfee Mobile Security juga menyediakan fitur anti-pencurian, pemindaian secara realt-ime, dan pemantauan privasi untuk melindungi data pribadi pengguna hp Vivo.

Selain aplikasi AntiVirus di atas, masih ada banyak sekali aplikasi AntiVirus yang bisa digunakan untuk membersihkan Virus di hp Vivo dengan cara sangat mudah. Untuk mengetahui apa saja rekomendasinya, silakan simak pada artikel “Anti Virus hp Vivo Terbaik“.

5. Reset Hp Vivo

Apabila semua cara membersihkan Virus di hp Vivo telah dilakukan, dan ternyata Virus di hp Vivo tidak mau hilang, maka solusi terakhir adalah melakukan Factory Reset atau Hard Reset. Kami menyebut ini sebagai solusi terakhir karena Factory Reset akan mengembalikan pengaturan hp Vivo ke pengaturan awal pabrik.

Selain itu, factory reset juga akan menghapus semua data dan aplikasi yang terinstal di hp Vivo. Jadi sebelum mencoba metode ini, kami sarankan untuk terlebih dahulu membackup semua data-data penting. Apabila sudah melakukannya, maka tinggal mencoba cara membersihkan Virus di hp Vivo berikut ini.

  1. Langkah pertama, silakan buka menu “Pengaturan” yang ada di hp Vivo
  2. Kemudian pilih menu “Pengaturan Lainnya
  3. Selanjutnya pilih menu “Buat Cadangan dan Atur Ulang
  4. Lalu pilih “Hapu Semua Data
  5. Setelah itu proses hard reset akan dilakukan
  6. Silakan tunggu sampai proses hard reset selesai dan smartphone akan restart secara otomatis.

Silakan mencoba semua cara membersihkan Virus di hp Vivo yang kami sampaikan di atas. Setelah virus berhasil di bersihkan dan smartphone kembali normal, maka sekarang tinggal melakukan pencegahan agar masalah yang sama tidak kembali terulang.

Tips Agar Hp Vivo Terhindar Dari Virus

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah smartphone terkena Virus. Kami sarankan untuk melakukan beberapa hal ini agar smartphone terlindung dari serangan virus atau malware yang bisa membahayakan keamanan hp Vivo dan berbagai resiko lainnya, seperti yang kami sampaikan di atas.

1. Download Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Agar terhindar dari virus, pastikan hanya mengunduh aplikasi maupun game dari sumber terpercaya seperti Google Play Store. Pasalnya aplikasi yang ada di Play Store sudah diseleksi secara ketat untuk memastikan keamanan dan kualitasnya. Selain itu, hindari mengunduh aplikasi dari situs web pihak ketiga atau toko aplikasi yang tidak resmi, karena bisa meningkatkan risiko mengunduh aplikasi yang mengandung virus atau malware.

2. Selalu Update OS

Pembaruan sistem operasi tidak hanya memberikan fitur baru, tetapi juga mencakup perbaikan keamanan yang penting. Pihak Vivo secara teratur merilis pembaruan keamanan untuk melindungi smartphone dari ancaman yang baru muncul. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan hp Vivo selalu menggunakan versi sistem operasi terbaru agar bisa terhindar dari virus maupun malware.

3. Gunakan Aplikasi AntiVirus Terpercaya

Meskipun di hp Vivo sudah ada AntiVirus bawaan yang tersedia di aplikasi iManager, namun tidak ada salahnya menginstal aplikasi AntiVirus pihak ketiga agar bisa melindungi smartphone dari serangan virus secara optimal. Selain itu, jangan lupa untuk selalu rutin melakukan pemindaian untuk mengidentifikasi dan menghapus ancaman yang mungkin ada pada hp Vivo.

4. Hati-Hati Saat Mengeklik Link

Salah satu penyebab virus di hp Vivo adalah karena mengeklik tautan tidak aman yang berisi virus. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap berhati-hati saat mengeklik suatu tautan, terutama jika tautan tersebut berasal dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.

5. Hindari Menggunakan Jaringan Wi-Fi yang Tidak Aman

Tips selanjutnya adalah menghindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik atau yang tidak aman saat mengakses internet menggunakan hp Vivo. Pasalnya Wi-Fi Publik sering kali dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan virus maupun malware.

6. Perhatikan Izin Aplikasi

Saat menginstal aplikasi baru, periksa izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Pastikan bahwa izin yang diminta sesuai dengan fungsi aplikasi dan tidak mencurigakan. Apabila ada aplikasi yang meminta izin yang tidak diperlukan, lebih baik tidak usah diinstal.

7. Rutin Melakukan Back Up

Selalu lakukan pencadangan data penting secara teratur. Apabila terjadi serangan virus atau kerusakan pada hp Vivo, maka data akan tetap aman.

Apabila mengikuti semua tips dan langkah-langkah di atas, kami yakin hp Vivo akan terhindar dari serangan virus, malware, spyware, dan adware yang dapat membahayakan smartphone.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara membersihkan virus di hp Vivo besar penyebab dan cara mencegahnya, maka sekarang kita bisa melindungi smartphone secara optimal dari virus maupun malware. Jangan biarkan smartphone terkena virus karena bisa membahayakan keamanan data serta privacy, dan mengganggu kinerja smartphone.

Demikianlah informasi yang kami sajikan mengenai cara membersihkan virus di semua hp Vivo. Kami berharap informasi di atas bermanfaat untuk mengatasi masalah virus pada smartphone. Penting untuk diingat bahwa menjaga keamanan perangkat adalah tugas yang kontinu, dan langkah-langkah pencegahan yang tepat sangat diperlukan untuk menghindari infeksi virus di masa depan.

FAQ

Apabila masih ada pertanyaan terkait cara menghapus virus di hp Vivo, silakan simak jawabannya pada halaman FAQ berikut ini.

Apakah hp Vivo rentan terhadap virus?

Hp Vivo sejatinya menyediakan fitur keamanan yang canggih, namun tidak menjamin kekebalan sepenuhnya terhadap virus. Pengguna masih perlu menjaga keamanan perangkat dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Apa yang harus dilakukan jika hp Vivo terkena virus?

Jika hp Vivo terkena virus, sobat BigSlyde.com dapat mencoba menghapus aplikasi yang mencurigakan, menggunakan mode aman, memanfaatkan aplikasi antivirus pihak ketiga, atau menggunakan fitur Manager untuk membersihkan virus. Jika tidak berhasil, factory reset atau hard reset dapat dilakukan.

Bagaimana cara mencegah virus di hp Vivo?

Beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan antara lain hanya mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya, melakukan update sistem operasi dan aplikasi secara teratur, berhati-hati saat mengeklik tautan yang tidak aman, menggunakan aplikasi antivirus yang terpercaya, dan meningkatkan kesadaran akan praktik keamanan digital.

Kenapa hp Vivo bisa terkena virus?

Hp Vivo bisa terkena virus karena beberapa alasan, seperti mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, mengeklik tautan atau link tidak aman, tidak memperbarui sistem operasi dan aplikasi, mengeklik iklan yang tidak terpercaya, atau mengunduh aplikasi yang ditawarkan oleh iklan.

Apa ciri-ciri hp Vivo terkena virus?

Smartphone yang terkena virus biasanya menujukan tanda-tanda kinerja smartphone yang menurun, baterai menjadi boros, muncul-Nya iklan secara tiba-tiba, smartphone terasa lebih panas, tiba-tiba ada aplikasi yang tidak dikenali muncul, dan system menjadi crash atau error.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *